Semua Tentang kopi

Alasan Kopi Sebaiknya Diminum Tanpa Gula






RP : 35.000
JL BALAIDESA NO 28 JATIRASA,JATI ASIH BEKASI



Jual Kopi - Kopi itu hitam dan pahit. Dua hal ini memang sangat identik dengan kopi. Mungkin banyak orang yang masih paham dengan warnanya, tapi bagaimana dengan rasa pahitnya yang langsung menyentak ketika menyentuh lidah?

Menambahkan gula ke dalam kopi seringkali jadi jalan pintas untuk menghilangkan rasa pahitnya.

Kopi memang pahit, tapi jika dicecap perlahan dan dirasakan mendalam, kopi tidak sepenuhnya pahit. Tiap jenis biji kopi punya kekhasan rasa masing-masing.


Namun, bagi pecinta kopi, menambahkan gula seringkali dianggap terlarang untuk dilakukan.


Fonny, Barista Ruang Seduh mengungkapkan bahwa minum kopi memang sebaiknya tanpa menambahkan gula.

"Minum kopi pakai gula ya sama saja minum gula," ujarnya kepada CNNIndonesia.com saat ditemui di coffee shop Ruang Seduh di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

Menurutnya, jika kopi ditambah gula, maka ekspektasi rasa yang diinginkan dari kopi tidak akan didapat. Rasa khas kopi tertutup manisnya gula. Padahal, lanjut Fonny, kopi punya citarasa beragam, seperti rasa asam, buah, pahit, rempah, ataupun rasa manis.

"Selama ini orang ada juga yang menganggap kopi itu asem, sour. Sour itu istilah berkonotasi negatif, enggak enak, lalu ditambahin gula biar enak. Kalau kopi diistilahkan acid, asam juga, tapi positif," tambahnya.

Lihat juga:Kopi Dan Gaya Hidup

Hanya saja, jangan bayangkan kalau semua rasa kopi ini akan muncul dengan kuat begitu Anda menikmatinya. Sama seperti wine yang menyimpan 'rahasia' rasa dan aroma sendiri di setiap layer cecapannya, rasa khas kopi juga 'tersembunyi' di balik rasa pahitnya.

Senada dengan Fonny, barista East Indische Koffie, Agung Yuwandono menyarankan agar menikmati kopi apa adanya alias tanpa gula.

"Kopi itu mempunyai zat glukosa tersendiri, jadi ketika ia dicampur dengan gula otomatis gula di kopi itu sendiri naik," kata Agung kepada CNNIndonesia.com saat ditemui dalam acara Urban Life Coffee, Fashion & Sneakers di Mal Ciputra Jakarta, Jumat (29/9).

Lihat juga:10 Ribu Cup Kopi akan Disuguhkan di Malioboro Coffee Night

Ia berpendapat, kopi jenis arabika lebih nikmat diminum tanpa gula. Sedangkan kopi robusta bisa menambahkan gula. Kopi ini punya rasa pahit lebih kuat atau strong daripada arabika.

"Tidak masalah pakai gula, itu selera," katanya.

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris
                     kopi toraja
                     Cincin Kawin

1 Response to "Alasan Kopi Sebaiknya Diminum Tanpa Gula"

wdcfawqafwef