Semua Tentang kopi

kopi arabika





RP : 35.000
JL BALAIDESA NO 28 JATIRASA,JATIASIH BEKASI






Jual KopiKopi Arabika (Coffea arabica) berasal dari hutan pegunungan di Ethiopia, Afrika. Di habitat aslinya, tanaman ini tumbuh di bawah kanopi hutan tropis yang subur. Jenis kopi ini banyak ditanam di ketinggian di atas 500 meter.

Kopi Arabika akan berkembang optimal jika ditanam di ketinggian antara 1.000 dan 2.000 meter di atas permukaan laut. Dengan curah hujan mulai dari 1.200 hingga 2.000 mm per tahun. Suhu lingkungan yang paling cocok untuk tanaman ini adalah sekitar 15 hingga 24 ° C. Tanaman ini tidak mentolerir suhu di dekat titik beku di bawah 4 ° C.

Untuk berbunga dan menghasilkan buah, tanaman kopi Arabika membutuhkan periode kering 4 hingga 5 bulan per tahun. Bunga arabika biasanya mekar di akhir musim hujan. Ketika bunga baru mekar karena hujan lebat, itu akan menyebabkan kegagalan berbuah.

Kopi Arabika menyukai tanah yang kaya akan bahan organik. Bahan organik digunakan oleh tanaman sebagai sumber nutrisi dan untuk menjaga kelembaban. Tingkat keasaman atau pH tanah yang sesuai bervariasi dari 5,5 hingga 6.

Karakteristik tanaman
Tanaman kopi Arabika pendek ini terlihat seperti semak dengan ketinggian 2-3 meter. Batangnya lurus dengan bentuk bulat. Pohon itu memiliki banyak cabang.

Warna daun kopi arabika hijau cerah seperti memiliki lapisan lilin. Daun tua berwarna hijau gelap. Bentuk daun memanjang atau oval dengan ujung meruncing. Pangkal daunnya matte dan memiliki batang pendek. Struktur tulang daun pinnate.

Kopi Arabika mulai mekar setelah musim hujan. Bunganya tumbuh di kapak daun. Bunga kopi berwarna putih dan dapat diserbuki sendiri, tidak ada perbedaan antara bunga jantan dan bunga betina. Dari bentuk kuncup hingga buah yang siap dipanen, dibutuhkan 8 hingga 11 bulan.

Buahnya bulat seperti telur, dengan warna buah hijau yang kemudian berubah merah terang saat matang. Saat buahnya matang, ia cenderung mudah jatuh. Karena itu, harus dipanen segera. Untuk detail lebih lanjut, silakan baca cara memanen buah kopi. Buah-buahan yang jatuh ke tanah akan mengalami penurunan kualitas dan akan cenderung berbau tanah.

Kopi Arabika memiliki akar yang dalam. Gunakan akar yang dalam ini untuk menopang pohon agar tidak runtuh dan dapat bertahan dari kekeringan. Pertumbuhan akar ditentukan sejak pohon dipindahkan dari persemaian. Pohon yang akarnya tidak tumbuh dengan baik akan mengganggu produktivitas.

Varietas kopi arabika
Ada banyak varietas kopi Arabika yang ditanam di Indonesia. Setiap varietas memiliki pertumbuhan dan kemampuan beradaptasi yang berbeda. Pemilihan varietas yang dibudidayakan harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan tanaman.

Untuk hasil terbaik, gunakan varietas unggul dari sumber yang dapat diandalkan. Kementerian Pertanian, melalui Pusat Penelitian Koka, terus menghasilkan varietas berkualitas tinggi. Beberapa di antaranya adalah:

S 795. Varietas ini memiliki produktivitas 1000-1500 kg / ha untuk kepadatan penanaman 1600-2000 pohon per hektar. Mulai berbunga pada usia 15-24 bulan. Agak tahan terhadap karat daun bila ditanam di ketinggian lebih dari 1000 meter.
USDA 762. Produktivitas kopi jenis ini adalah 800-12000 kg / ha. Mulai berbunga pada usia 32-34 bulan. Sedikit tahan terhadap karat daun.
Andung sari-1. Produktivitasnya sekitar 350 kg / ha. Mulai berbunga pada usia 15-24 bulan. Ketika ditanam pada ketinggian kurang dari 900 meter, varietas ini rentan terhadap karat daun tetapi sangat tahan terhadap penanaman di daerah yang kurang subur.
Hutang Sigarar. Produktivitasnya mencapai 1500 kg per hektar. Varietas ini memiliki karakteristik yang dapat berbuah secara permanen dengan mengikuti pola distribusi hujan. Bijinya banyak, rentan terhadap parasit nematoda dan bubuk buah, tetapi cukup tahan terhadap karat daun. Disarankan untuk menanamnya di ketinggian di atas 1.000 meter.
Karakteristik dari produk akhir
Secara umum, kopi Arabika memiliki nilai lebih tinggi dari jenis lainnya. Dari segi rasa, arabika memiliki jangkauan luas. Setiap varietas kopi yang ditanam di tempat yang berbeda akan memiliki rasa yang berbeda

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris

                    Cincin Kawin

0 Response to "kopi arabika"

Posting Komentar

wdcfawqafwef